6 Modifikasi Yang Dapat Meningkatkan Performa Mobil

Yang hobi dengan otomotif khususnya mobil mungkin merasa kurang jika mempunyai mobil dengan keadaan standar pabrik .Bagi yang berminat dan siap terjun didunia ini tidak salah nya untuk mengikuti tips sederhana, berikut saya akan kasih sedikit tips modifikasi yang baik dan benar, guna tidak merugikan mobil anda. 

1.Cold Air intake 




Perkiraan biaya : 1-3jt rupiah
Keuntungan : Akselerasi mobil meningkat dan efisiensi bensin
Kesulitan : Mudah


Cold air intake adalah modifikasi pertama yang paling mudah dan tidak memakan waktu banyak , dengan mengganti filter udara standar pabrikan dengan filter udara yang lebih  plong  . Jadi mesin dapat menghirup udara lebih mudah dan dapat menghirup udara lebih banyak dari filter standar pabrikan , anda bisa memilih merek K&N,AEM,Injen, Dan Fuji,dll. 


 2.Exhaust / knalpot



Perkiraan biaya : 2,5jt rupiah 
Keuntungan : Akselerasi meningkat
kesulitan : Sedang


Mungkin anda sudah tau tentang ini , upgrade exhaust ,anggap mesin anda sebagai pompa air , menyedot air kedalam lalu mengeluarkannya , anda harus memastikan knalpot anda udara dapat keluar secara lancar , jika anda memasang cold air intake disarankan juga untuk upgrade exhaust .Di samping perubahan suara mesin , ini dapat membuat mesin lebih efisien.

Anda bisa memulai dengan cat-back exhaust. Dinamakan cat-back karena dipasang setelah catalytic converter , jadi tidak mengganggu emisi gas buang. Atau anda bisa memasang full exhaust system yaitu mengganti semua dari mulai header/exhaust manifold , catalytic converter biasanya diganti atau bahkan dilepas , berbeda dengan cat-back yang hanya diganti mufflernya saja.


3.Strut bars




Perkiraan biaya : 1-3jt rupiah
Keuntungan : Handling/pengendalian meningkat
kesulitan : sedang

Jika anda ingin handling mobil anda meningkat , anda bisa memasang strut bar , terletak di atas shock depan , Strut bar bekerja menyeimbangkan kekuatan yang ditempatkan di salah satu sisi mobil Anda, ini akan menjaga ban menempel di jalan saat kecepatan tinggi yang biasanya akan membuat ban lainnya yang tidak stabil. 

4. Ecu tune 



Perkiraan biaya : 3jt-20jt rupiah (tergantung kendaraan)
Keuntungan : Peningkatan performa dan efisiensi bensin 

Kesulitan : Mudah-sulit (tergantung kendaraan)
Kita tahu ECU di mobil sekarang mengontrol semua dari mulai performa sampai emisi , mobil mobil terbaru dapat di tuning untuk menambah lagi horsepower. Terlebih jika anda telah mengganti intake dan exhaust ,banyak merek yang menawarkan ECU tune seperti dastek , hondata,dll atau piggyback dan ECU standalone seperti haltech , AEM , Hondata,dll. 

5.High performance tires/ban



Perkiraan biaya : 500rb-5jt Rupiah
Keuntungan : Handling meningkat dan efisiensi bensit
Kesulitan : Mudah


Ban yang lebih baik mempunyai grip yang lebih yang membuat mobil lebih aman dalam kecepatan tinggi  


6. Mengganti Velg Yang lebih lebar



Perkiraan Biaya : 1jt-5jt rupiah
Keuntungan : Handling meningkat
Kesulitan : Sedang

Tidak hanya membuat penampilan mobil anda lebih menarik , mengganti velg juga dapat meningkatkan handling mobil anda terutama di kecepatan tinggi.




6 Modifikasi Yang Dapat Meningkatkan Performa Mobil 6 Modifikasi  Yang Dapat Meningkatkan Performa Mobil Reviewed by Unknown on 23.59 Rating: 5

3 komentar

  1. v i s i t m a b l o g put-en.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. Sorry gan masih awam kalo kaya port and polish, unichip, turbo gitu gimana ya gan?

    BalasHapus